FGD Tinjauan Investasi Asing Langsung Pada Industri Manufaktur di Indonesia

FGD Tinjauan Investasi Asing Langsung Pada Industri Manufaktur di Indonesia

Direktorat Akses Sumber Daya Industri dan Promosi Internasional (ASDIPI) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Tinjauan Investasi Asing Langsung Pada Industri Manufaktur di Indonesia bertempat di Crowne Plaza Hotel Bandung pada 17-18 Maret 2022. Pada kesempatan FGD, dihadirkan para narasumber dari Direktorat Wilayah III Kementerian Investasi/BKPM, Himpunan Kawasan Industri Indonesia, Pusat Industri Hijau, Asosiasi Internet of Things Indonesia, serta para Atase Perindustrian. Dalam sambutannya, Direktur ASDIPI menyampaikan beberapa tantangan yang dihadapi dalam menarik investasi asing seperti perang dagang antara China dengan Amerika Serikat, disrupsi rantai nilai global akibat pandemi, kenaikan harga komoditas, tren global penguatan agenda iklim, serta yang terbaru perang antara Rusia dengan Ukraina.

FGD mencatat semakin pentingnya peran Kawasan Industri dalam mendukung pengembangan industri dan pertumbuhan ekonomi. Saat ini, konsep pengembangan Kawasan Industri telah mengarah pada adopsi transformasi digital serta industri yang ramah lingkungan. Dalam kaitannya dengan industri ramah lingkungan, Pemerintah RI melakukan berbagai terobosan dalam mendorong praktek industri secara berkelanjutan yang ramah lingkungan di mana gagasan ini juga telah menjadi perhatian utama para investor dalam berinvestasi.  

Menindaklanjuti FGD, terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian seperti di antaranya strategi dan materi promosi, segmentasi industri target investasi (termasuk kualitas investasi), serta lingkungan regulasi, dan dukungan kesiapan SDM. *)kike5